MY NEW SECONDHAND “KUDA BESI” PULSAR 180 CC UG4.



Cuma mau sharing aja koq, ane baru seminggu ini make tunggangan baru, karena tunggangan lama diwariskan ke adik kesayangan ane. Pulsar 180 cc UpGrade 4 secondhand kini jadi tunggangan baru.
Koq pulsar sich yang dipake?
Ane jg gatau kenapa pilihan jatoh di si PIBO. Alasan utama ane milih ini motor karena budget yang terbatas namun ga mau terbelit dalam sistem riba kalo ga kepaksa hehehe, sedangkan kebutuhan ane dalam penggunaan motor begitu mendesak. Alasan lain karena ane pengen make motor yang berperawakan besar biar sesuai ama perawakan ane yang oversize, wkwkwk. Awalnya sich ane ragu sama ini Pulsar, mengingat brand barang produksi Indihe ini di Indonesia belom semapan Mopang. Baca-baca berbagai referensi dan ngobrol ama teman akhirnya “Dengan menyebut Nama Alloh SWT” ane pinang ini motor dari seseorang yang memang berniat melego tunggangannya.
Memang ketika milih si kepala rubah ini bukan tanpa resiko, banyak “persimpangan hati (Vicky Prasetyo)” yang sempet bikin ane ragu. Di bawah ini nich alasan yang bikin ragu :
  1. Ini motor kondisinya secondhand taun 2011. Dengan jelajahnya yang udah 42rb kilometeran pada saat ane pinang ane yakin ini motor banyak yang harus dioprek. Ditambah ane ga pernah tau gimana pemilik sebelumnya memperlakukan ini motor. Memang sich kalo diliat secara kasat mata ini motor masih mulus banget.
  2. Hengkangnya pengelola usaha Bajaj dari Indonesia, menyebabkan ane harus muter otak gimana caranya mendapatkan suply part motor dan layanan prima untuk tuning. 
  3. Katanya mereka, bengkel ato service center untuk Pulsar keluaran Bajaj makin lama makin dikit, banyak bengkel Bajaj yang memilih untuk memberhentikan operasionalnya. 
  4. Denger-denger juga ini kuda besi adalah salah satu tunggangan yang sangat manja, salah dikit ato lalai dikit akan ada-ada aja masalah yang timbul, dan motor ini pun sekali jajan ke bengkel bakalan ngabisin kocek. Harga sich relatif, tapi sekali jajan bisa ngerembet ke jajanan lain, hehehe.... tapi itu sich baru katanya.
Namun, seperti lagu Ungu “Kupinang Kau dengan Bismillah” ini motor ane bawa pulang ke rumah, masalah ragu-ragu dalam hati udah ga ane pikirin.
Nah setelah ane tes drive ini motor, baca-baca info tentang Pulsar di berbagai komunitas, serta nyari-nyari mekanik handal spesialis pulsar akhirnya ane mo review pengalaman ane seminggu ini menggunakan Bajaj Pulsar 180 cc UpGrade 4.
  1. Ini motor gagah banget, garang banget secara fisik, yang pasti sesuai dengan tinggi dan berat badan ane yang overweight. Selain model yang unik, motor ini memang pantes untuk dimodifikasi sesuai selera, mo nambah fairing, ganti knalpot, ganti stang, ganti lampu, etc sangat mumpuni dech. 
  2. Entah kenapa pertama make motor ini ane ngerasa nyaman dalam posisi duduk dan handeling. 
  3. Ini motor bertenaga boy, akselesasi mantap, speed lumayan cepet, worthed banget lah untuk motor muda ber “cc” gede dengan pasaran harga dibawah 10jt. 
  4. Masalah daya tahan mesin ane belom bisa ngasih testimoni, maklum baru seminggu. Yang pasti selama ane pake ini motor terbukti menambah keakuratan jam masuk kantor, menambah kegantengan sebesar kurang lebih 20% wkwkwkwk. 
  5. Motor UG4 ini tanpa kickstarter aka Starter Selahan. Wah untuk yang ini ane harus rajin-rajin ngerawat aki, bahkan ngerawat motor secara keseluruhan. Tapi yang ini bukan jadi alasan dan pembenaran untuk bermales-malesan, justru momen untuk semakin teliti merawat barang, ngelatih diri bro.... 
  6. Lampu sen ada sensornya, jadi ane ga usah repot-repot matiin lampu sen setelah belok, mati secara otomatis bro. 
  7. Busi motor ini dua buah, bikin motor irit bahan bakar. Sejauh ini motor ane minumnya irit, 40-45 km yang ditempuh baru deh dia ngabisin 1 liter cairan beroktan. 
  8. Karena busi 2 biji maka motor ini lebih hot.... panas bro.... harus dijauhin dari anak-anak. 
  9. Awal pake ini motor agak susah nemu gigi netral dan kadang berat banget over perseneling. Itu hanya masalah oli, olinya udah harus ganti, dan udah ane ganti pake Pertamina Prima XP Jaso MA 20w50, mantep kembali hehehe.... maaf bukan promosi, tapi ane ngerasaiin oli baru lebih enak dibanding oli lama. Kedepan ane mo coba pake Pikoli tapi baru nanti kalo udah waktunya. Review mengenai oli bakal ane paparin di tulisan berikutnya. 
  10. Gatau hanya perasaan ato memang gitu adanya, ini motor hanya enak kalo sebelom dipake jalan dipanasin dulu secukupnya. Pernah ane coba tanpa dipanasin dulu langsung ngacir dan motor ga enak banget dikendarai. 
  11. Ane nemu mekanik dan bengkel khusus deket rumah, bukan yang resmi, tapi mekanik ini tau banget tentang Bajaj Pulsar, hasilnya memuaskan, kerjaannya rapih,partnya banyak yg ori, orangnya asik. Khusus pemilik pulsar di Bandung dan sekitarnya ane rekomendasiin mampir kesana, kalo ditanya bilang aja tau dari ane. Nama Mekanik : Asep, Alamat : Jalan Raya Cimareme – Batujajar No. 196 Bandung Barat, posisi di tanjakan antara LPMP dan Batujajar Regency. No Kontak : 085220371007. 
  12. Seminggu jalan-jalan ane sering dikedipin lampu, diklaksonin tet tot tet tot, disenyumin dan disalamin 2 jari ala “peace” slank oleh sesama pengendara pulsar, ga hanya yg cc nya sama tapi sama semua pengendara pulsar jenis apapun, termasuk yang udah Kawasaki. Tapi sayang mereka kebanyakan cowok hahaha.... Selidik punya selidik ternyata solidaritas sesama pengguna pulsar sangat tinggi, sama tingginya dengan solidaritas para pengguna vespa. 
  13. Masalah part Pulsar 180 Cc UG 4 ane memang ga khawatir karena ternyata part bisa substitusi dengan part motor laen. Link tentang substitusi part udah banyak banget, bejibun.

Secara keseluruhan bisa ane simpulin bahwa ane puas banget pake ini motor, ternyata keragu-raguan ane untuk saat ini hilang sama sekali. So buat temen-temen yang niat untuk punya motor keluaran India ini, bekas ato baru bisa mempertimbangkan review dari ane. Nanti kalo ada hal baru mengenai ini Bajaj bakal ane share lagi ya mas bro.... 

Salam 2 busi

@s4aw

2 komentar:

  1. Menanggapi poin 12, nanti deh ane pake pulsar juga, biar ada cewe yg bisa diklaksonin kan? 😈😈😈😈😈😈😈😈😈😈😈

    BalasHapus
  2. Menanggapi poin 12, nanti deh ane pake pulsar juga, biar ada cewe yg bisa diklaksonin kan? 😈😈😈😈😈😈😈😈😈😈😈

    BalasHapus